Bola resmi Piala Dunia 2010
Pesepak bola kelas dunia layak mendapat bola terbaik. Tak heran, bila stiap perhelatan Piala Dunia selalu diluncurkan bola spesial bagi pemain-pemain sepak bola sejagat itu. Untuk Piala Dunia 2010 mendatang, pabrikan olah raga Adidas merilis bola edisi ke-11 yang diberi nama Jabulani. Dalam bahasa Zulu,Jabulani berarti “untuk merayakan”. Peluncuran bola khusus itu bebarengan dengan undian grup Piala Dunia, 4 Desember silam.
Bola indah tersebut terdiri atas 11 warna. Hal itu dimaknai sebagai penghargaan terhadap sepak bola dan negara di Afrika yang kali pertama menggelar pesta sepak bola terbaik sejagat itu. Unsur 11 warna mewakili setiap bahasa Resmi Afsel dan 11 komunitas dinegara tersebut. Rancangan bola mencerminkan dua unsur khas Afsel, yaitu keaneka ragaman dan harmoni. Pembuatan Jabulani menyuguhkan kemajuan teknologi sepak bola. Kesan utamadari bola itu adalah cengkeraman dan alurnya yang unik. Diklaim sebagai bola terbulat di dunia, Jabulani dibuat di pabriknya di Madrid, Spanyol, melalui delapan panel pemanas. Tekstur Jabulani membuat penggunanya dapat mengendalikan bola dengan maksimal. Bola juga dapat melayang dengan stabil ketika ditendang. Sejumlah pemain ternama dunia memuji kinerja apik Jabulani. Salah satunya diungkapkan gelandang Inggris,Frank Lampard. Menurutnya Jabulani sangat kuat dan benar-benar luar biasa.
Dikutip dari Solopos edisi 2/3 2010
Maskot Piala Dunia 2010: Zakumi, lambang persatuan Afrika
Zakumi adalah seekor macan tutul Enerjik, percaya diri, ramah, dengan senyum lebar yang menghiasi wajahnya dan suka bermain sepak bola. Suatu hari ia memutuskan untuk mengecat rambutnya menjadi hijau untuk membuat kamuflase lapangan. Itulah gambaran singkat tentang Zakumi, maskot resmi Piala Dunia 2010. Nama Zakumi merupakan gabungan dari “Za” untuk kode negara Afsel dan “Kumi” berarti 10, merujuk pada jumlah bahasa yang digunakan di negara tersebut. Singkatnya, Zakumi bermakna sebagai persatuan Afrika.
Kostum yang digunakan Zakumi dan juga para pemain Tim Afsel, Bafana Bafana, di desain khusus oleh Andries Odendaal, perancang busana dari Cape Town. Kostum Maskot diproduksi besar-besaran oleh Cora’s Costume, Boksburg, Johannesburg. Prioritas utama Zakumi adalah menjadikan gelaran Piala Dunia 2010 sebagai pesta sepak bola akbar, sarat kegembiraan dan tak terlupakan. Publik dunia juga akan disuguhi kehangatan dan semangat ala Afrika. Sosok Zakumi Lahir pada 16 Juni 1994. Dia diperkenalkan sebagai maskot resmi Piala Dunia di acara gala FIFA di Johannesburg, 23 September lalu.
Dikutip dari Solopos edisi 2/3 2010

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s