MEKSIKO

Estados Unidos Mexicanos

Federación Mexicana de Futbol (FMF)
1927

Pelatih: Javier Aguirre

Konfederasi: Concacaf
Ranking FIFA (Des 09): 15
Rekor penampilan: 13 (1930, 1950, 1954, 1958, 1962, 1966, 1970, 1978, 1986, 1994, 1998, 2002, 2006)

Peta

LATAR BELAKANG

Di kancah internasional, Meksiko tak banyak menorehkan prestasi. Mereka hanya memenangi satu tropi juara di tahun 1999 di ajang Piala Konfederasi. Di Copa America 1993 dan 2001, Meksiko menyudahi turnamen sebagai runner up. Di ajang Piala Emas Concacaf, Meksiko meraih lima gelar juara.

JALAN KE AFRIKA SELATAN 2010

Meksiko melangkah ke Afrika Selatan dengan susah payah. Setelah ditinggal pelatih Hugo Sanchez, Sven-Goran Eriksson yang menangani tim gagal memperlihatkan performa terbaik Meksiko. Dia kemudian diganti Javier Aguirre yang akhirnya bisa mencatat lima kemenangan dan satu hasil seri untuk lolos ke putaran final Piala Dunia 2010.

KEKUATAN

Memiliki sejumlah pemain berkualitas, semisal Rafael Marquez di jantung pertahanan, Cuauhtemoc Blanco di posisi gelandang dan Guillermo Franco di lini depan. Semua elemen itu bisa dipadupadankan dengan sempurna oleh Javier Aguirre.

KELEMAHAN

Buruknya performa lini depan menjadi kendala terbesar Meksiko sampai saat ini. Hasilnya, tiga pelatih yang sempat menukangi tim harus terus bereksperimen dengan barisan depan.

PELATIH

Javier Aguirre adalah pelatih yang pintar memotivasi pemainnya dan semua itu dibuktikannya saat mendapat kepercayaan menangani tim selepas Eriksson diturunkan. Gaya kesukaan Aguirre adalah 4-3-3, namun secara fleksibel formasi ini bisa berubah tergantung kebutuhan dan lawan yang dihadapi.

PEMAIN BINTANG

Cuauhtemoc Blanco (Chicago Fire)

Salah satu pemain paling popular yang dimiliki Meksiko. Pemain veteran namun berbakat itu memiliki kelebihan dalam olah bola dan akurasi umpan juga tendangan.

Rafael Márquez (Barcelona)

Pemain belakang yang terkenal solid dan juga menjadi kapten timnas. Dia juga cukup produktif dalam urusan menjebol gawang lawan dan terkenal tangguh di jantung pertahanan Meksiko. Akan tetapi, emosi yang meledak-ledak membuatnya kerap mendapat masalah.

Guillermo Franco (West Ham)

Pemain ini merupakan pemain naturalisasi dari Argentina. Franco terkenal dengan permainan ngototnya dan kerap menjadi pemecah kebuntuan di lini depan.

SUSUNAN TIM

MOMEN TERBAIK

Piala Dunia 1970 dan 1986 menjadi pencapaian terbaik Meksiko. Mereka bisa menembus perempat-final, walau akhirnya tersingkir oleh lawan-lawannya.

DI LUAR LAPANGAN

Terkenal dengan: Tequila, minuman khas Meksiko, yang merupakan hasil dari fermentasi dan destilasi sari buah agave. Juga terkenal dengan grup Mariachis, yang merupakan grup musik khas Meksiko. Akan ada banyak topi Mariachi di Afrika Selatan tahun depa

TARGET DI PIALA DUNIA

Targetnya jelas. Jika sebelumnya Meksiko hanya bisa berada di perempat-final, maka tahun depan prestasi harus lebih diperbaiki dengan berusaha tampil di semi-final.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s