PRANCIS

République Française

FFF (Fédération Française de Football)

Pelatih: Raymond Domenech
Konfederasi: UEFA
Peringkat FIFA (Nov 09): 7
Rekor Penampilan: 12 (1930, 1934, 1938, 1954, 1958, 1966, 1978, 1982, 1986, 1998, 2002, 2006

SEJARAH

Meski menjadi asal negara pencetus Piala Dunia sekaligus presiden FIFA pertama, Jules Rimet, Prancis tak memiliki rekor membanggakan di turnamen. Tiga kali Prancis lolos ke semi-final: pertama, pada 1958 ketika diperkuat Just Fontaine, yang memegang rekor menciptakan 13 gol dalam satu turnamen! Kali kedua dan ketiga berturut-turut pada1982 dan 1986. Akhirnya, Les Bleus menciptakan sejarah menjadi juara baru Piala Dunia di tanah sendiri berkat kemenangan 3-0 atas Brasil pada 1998. Empat tahun lalu, Prancis lolos ke final. Prancis berpeluang menaklukkan Italia, tapi sejarah kemudian mencatat insiden Zinedine Zidane kepada Marco Materazzi…

JALAN KE AFRIKA SELATAN 2010

Bukan catatan yang bisa dibanggakan. Kelolosan Prancis ke Afrika Selatan lebih ramai dibicarakan berkat insiden tangan Thierry Henry pada laga play-off melawan Irlandia. Banyak yang menganggap Prancis tak pantas berlaga di Afrika Selatan. Prancis memulai kampanye kualifikasi dengan buruk plus pemainan yang buruk pula. Kalah 3-1 dari Austria, imbang 2-2 melawan Rumania, dan hanya bermain imbang 1-1 melawan Serbia, mereka harus melalui babak play-off untuk merebut satu tiket Piala Dunia. Bukan kualifikasi idaman. Kursi Raymond Domenech belum akan aman hingga Piala Dunia digelar tengah tahun depan.

KEKUATAN

Prancis memiliki tim yang hebat… di atas kertas. Prancis memiliki sederetan pemain dari klub-klub besar Eropa, seharusnya mereka mampu menjadi kandidat kuar juara Piala Dunia. Lihat kualitas lini depan yang mereka miliki. Nicolas Anelka, Franck Ribery, Thierry Henry, Karim Benzema, dan Yoann Gourcuff. Bisa dibilang inilah lini depan terkuat di atas kertas pada Piala Dunia mendatang. Prancis kenyang pengalaman dan Piala Dunia 2006 sudah membuktikannya.

KELEMAHAN

Les Bleus tak punya keseimbangan di tengah pertahanan. William Gallas memang bagus, tapi Eric Abidal bukan bek tengah. Prancis butuh lebih banyak bek berkualitas, tapi hubungan mereka di atas lapangan tidak mulus. Media Prancis menganggap Sebastien Squillacci pantas mendampingi Gallas sebagai duet bek tengah. Kelemahan lainnya? Seseorang bernama Raymond Domenech!

PELATIH

Domenech barangkali menjadi pelatih yang paling dibenci di dunia sepakbola saat ini. Banyak, terlalu banyak malah, kesalahan yang dibuatnya di masa lalu. Seleksi tim yang tidak masuk akal, gaya manajemen yang tidak bisa ditebak… Tak ada yang mampu menjawab pertanyaan itu. Afrika Selatan ’10 mungkin menjadi kesempatan terakhir baginya di timnas.
PEMAIN BINTANG

Thierry Henry : Kadung dianggap sebagai pemain curang akibat laga melawan Irlandia. Padahal, catatan karirnya sebagai pemain disegani. Piala Dunia 2010 menjadi kesempatan terakhir baginya berjaya bersama seragam timnas. Rekor 51 gol yang diukirnya untuk Les Bleus, 51 gol, adalah yang terbaik.

Franck Ribéry : Bukan musim yang baik bagi gelandang Bayern Muenchen ini akibat kerap didera cedera. Bagi banyak pengamat, Ribery adalah pemimpin sebenarnya Prancis di atas lapangan. Tim bukan lagi tim yang sama jika tidak diperkuatnya. Laga kualifikasi harus dijalani dengan berat akibat Ribery kerap absen.

Nicolas Anelka : Afrika Selatan ’10 menjadi Piala Dunia pertama bagi Anelka. Penampiilan terbaiknya muncul dalam dua tahun terakhir, bisa terlihat saat menghadapi Irlandia pada laga play-off kualifikasi. Akibat belum pernah tampil di Piala Dunia, motivasi Anelka pasti berlipat ganda. Dia bisa diandalkan di atas lapangan, tapi tidak di kamar ganti.

BEST XI

MOMEN TERBAIK

Akhir 1990-an menjadi lambang kejayaan Prancis di pentas sepakbola dunia. Pada 1998 dan 2000, Prancis berhasil menjuarai Piala Dunia dan Piala Eropa. Prancis menjadi tim kedua setelah Jerman (Barat) yang mampu menyandingkan gelar juara dunia dengan juara Eropa.

DI LUAR LAPANGAN

* Prancis sangat terkenal dengan makanan, pemandangan yang indah, dan fesyen. Paris menjadi kota yang paling sering dikunjungi wisatawan dunia.
* Prancis kerap tampil jelek pada awal turnamen, tapi mampu membaik. Setelah berkutat di penyisihan grup, Prancis mampu memenangi laga melawan tim-tim kuat.

TARGET PIALA DUNIA

Tim dengan kekuatan setangguh Prancis layak memenangi Piala Dunia. Mungkin bukan pelatih yang bisa diandalkan, melainkan para pemain.Kunci permainan terletak di tangan Ribery. Jika tampil dalam permainan terbaiknya, Prancis boleh dijagokan juara untuk kali kedua.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s