Kalau selama ini kota Milan dan Paris selalu identik dengan sebutan Kota Mode, mungkin Anda juga tidak boleh melupakan kota London karena saat ini peringkat pertama kota mode dunia ditempati oleh London. Survei yang diadakan oleh Global Language Monitor, yang mengamati tren dalam media cetak dan sosial, menyebutkan pula bahwa London juga mengalahkan Paris, Milan, dan Los Angeles.

Sosok The Duchess of Cambridge alias Kate Middleton, dan kematian tragis desainer Alexander McQueen, dinilai sebagai dua faktor yang menyebabkan naiknya London ke peringkat teratas untuk pertama kalinya. Mereka pun saling terkait satu sama lain. Kate, yang meningkatkan reputasinya sebagai trendsetter di Inggris, memilih gaun pengantin rancangan Sarah Burton yang tak lain penerus McQueen untuk label tersebut.

“Kami melihat apa pengaruh dari dua bintang media ini. Kate dan Alexander McQueen memiliki peringkat global. Angka-angka kami menunjukkan bahwa kehadiran mereka lah yang menghasilkan kemenangan London atas New York,” ungkap Bekka Payack, koresponden fashion untuk organisasi yang berbasis di Texas tersebut. Beberapa pakar industri juga meyakini, kekalahan New York dalam peringkat kota mode dunia dipicu oleh berakhirnya era Sex and the City. Popularitas Sex and the City perlahan makin menurun sejak serial yang dibintangi Sarah Jessica Parker tersebut berakhir pada tahun 2004.

Survei Global Language Monitor ini juga bagaimana Berlin kini juga mulai menunjukkan pengaruh yang cukup besar terhadap dunia fashion. Yang tidak terduga, Indonesia juga masuk dalam daftar 25 kota mode di dunia. Namun, bukan Jakarta atau Bandung yang disebutkan dalam daftar, melainkan Bali.

Sumber : langitberita.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s