Single ke-30 AKB48 “So long!” (dirilis pada 20 Februari) terjual 1.036.000 kopi di pekan pertama, dan menduduki puncak Oricon weekly single ranking untuk minggu dari 4 Maret.

Ini membuat AKB48 mencatatkan 17 chart topping single secara berturut-turut sejak “RIVER” (dirilis pada Oktober 2009), dan memperpanjang catatan mereka sendiri untuk “chart topping singles terbanyak secara berturut-turut” dan “chart topping singles terbanyak”. Selain itu, ini merupakan 11 single berturut-turut mereka (dan 12 single secara keseluruhan) yang terjual lebih dari 1 juta kopi, sejak “Sakura no Ki ni Narou” (dirilis pada Februari 2011). 10 single diantara semua single yang terjual lebih dari 1 juta, menembus 1 juta kopi pada minggu pertama.

Prestasi untuk 10 singles yang terjual lebih dari 1 juta kopi di minggu pertama sangatlah menakjubkan, mengingat sejak Oricon’s single ranking started back pada 1968, Hanya ada 3 single (selain AKB48) yang terjual lebih dari 1 juta kopi pada minggu pertama setelah dirilis. Yaitu, “Namonaki Uta” (Mr.Children di tahun 1996),  ”Dango 3 Kyoudai” (Hayami Kentaro, Shigemori Ayumi, and more di tahun 1999), dan “Addicted To You” (Utada Hikaru di tahun 1999). Selain itu, belum ada artis selain AKB48 yang mendapatkan penghargaan itu pada lebih dari 1 single.

Watanabe Mayu berkomentar, “Aku diberitahun bahwa ‘So long!’ yang disana untuk pertama kalinya aku menjadi center, mencapai penjualan 1 juta kopi, dan kami adalah satu-satunya yang mencapai rekor ‘10 single berturut-turut yang terjual lebih dari 1 juta kopi di minggu pertama.’ Aku merasa senang dari lubuk hatiku, dan Aku sangat berterimakasih kepada para fans yang selalu mendukung kami, dan para staff  yang selalu mendukung kami.

Source & Image: Oricon

Translated by: DV-VDD

Thanks to everyone who sent this tip!

[[source news]]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s