Yap, kembali dengan saya disini, dengan jenis pos yang mungkin sudah lama tidak terlihat, haha.
Kali ini, saya akan sedikit membahas tentang Larutan Penyangga atau Buffer Solution.
Sebagai awalan, biarkan saya menjelaskan sedikit tentang peran Larutan penyangga di kehidupan kita. Larutan penyangga memiliki peranan yang besar dalam tubuh makhluk hidup. Sistem yang terdapat pada larutan penyangga sendiri banyak diaplikasikan untuk reaksi kimia, misal, digunakan di bidang kesehatan terlebih untuk dalam bidang Farmasi (obat-obatan). Apa yang membuat larutan penyangga itu menjadi penting? Zat apa saja yang termasuk dalam larutan penyangga dalam tubuh makhluk hidup? Untuk lebih jelasnya, ikuti pembahasan berikut ini. Checkitout!

Di dalam tubuh makhluk hidup ada yang namanya Larutan Penyangga Alami yang dipake tubuh manusia, hewan maupun tumbuhan. Dalam proses reaksi kimia di dalam tubuh manusia, dibutuhkan kondisi pH dalam kondisi yang stabil. Manusia punya pH darah antara 7,35 sampai 7,45. Kandungan pH darah manusia nggak boleh lebih dari 7,8 atau kurang dari 7,0. Jika manusia kelebihan atau kekurangan pH, bakal bahaya banget, sob! Itulah sebabnya pH harus berada dalam kondisi yang seimbang, keseimbangan pH tergantung sama kerja paru-paru dan ginjal.
Kondisi tubuh yang ngalamin yang namanya kekurangan pH dinamain asidosis. Asidosis bisa disebabkan akibat penyakit jantung, gangguan ginjal, diare yang parah, dan penyakit kencing manis. Sedangkan kondisi pH yang kelebihan atau tinggi disebut alkalosis. Alkolosis bisa disebabkan gara-gara muntah yang terus-menerus atau bisa juga karena hiperventilasi. Kematian juga dapat terjadi jika pH darah kurang dari 7,0 atau lebih dari 7,8 (Serem gan!). Berbagai zat yang masuk ke dalam tubuh atau zat hasil metabolisme yang terus disedot ke dalam darah, mempengaruhin tingkat pH darah banget. Dengan adanya sistem larutan penyangga, penurunan atau penaikkan pH secara drastis dapat dicegah. Syukurlah!

Untuk lebih lengkapnya dan yang pengen banget tahu lebih banyak,
Sila cek sumber 1 2 3

[[Jelaskan Fungsi Larutan Penyangga dalam tubuh Makhluk Hidup dan beri contohnya!]]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s